Belajar Cara Membuat Struktur Organisasi Di Microsoft Excel 2010 kiranya sangat penting untuk sobat pelajari, Jika sebelumnya sobat telah biasa dengan membuat struktur organisasi di microsoft word 2007 atau membuat struktur organisasi di microsoft excel 2007.
Namun kali ini saya akan menjelaskan bagaimana proses membuat struktur organisasi di excel 2010 yang saat ini mulai memikat dan di gandrungi oleh para penikmat software yang menjadi salah satu andalan microsoft tersebut. Jika kita mau jujur pada diri sendiri tentu dalam mengoprasikan micrsoft office 2010 terasa agak berbeda bila di bandingkan dengan pendahulunya yaitu : microsoft office 2007 apalagi microsoft office 2003.
Sepertihalnya belajar cara membuat struktur organisasi di microsoft word dan excel 2003 akan sangat berbeda sekali dalam hal pengoprasian dan struktur menu-menunya, jika di bandingkan dengan cara membuat struktur organisasi di microsoft exel atau word 2013 dan 2010.
Namun kendati begitu bukan berarti saya mengatakan atau mengklime bahwa microsoft terdahulunya itu jelek dan kurang baik, Tapi mungkin lebih kepada selera dan kebutuhan saja yang dapat merasakanya sekaligus menjelaskanya baik pada diri sendiri maupun orang lain.
Baiklah kalau begitu kita lanjut saja menuju pokok materinya yaitu :
Sepertihalnya belajar cara membuat struktur organisasi di microsoft word dan excel 2003 akan sangat berbeda sekali dalam hal pengoprasian dan struktur menu-menunya, jika di bandingkan dengan cara membuat struktur organisasi di microsoft exel atau word 2013 dan 2010.
Namun kendati begitu bukan berarti saya mengatakan atau mengklime bahwa microsoft terdahulunya itu jelek dan kurang baik, Tapi mungkin lebih kepada selera dan kebutuhan saja yang dapat merasakanya sekaligus menjelaskanya baik pada diri sendiri maupun orang lain.
Baiklah kalau begitu kita lanjut saja menuju pokok materinya yaitu :
Belajar Cara Membuat Struktur Organisasi Di Microsoft Excel 2010
Struktur organisasi sepertinya suah tidak asing lagi di telingga kita, Dari mulai instasi pemerintahan hingga suwasta bahkan kelompok sosial masyarakat baik dalam ruang lingkup sekala besar atau kecil barang tentu pasti menggunakan yang namanya struktur organisasi.
Oleh karena begitu pentingnya struktur organisasi tersebut di buat di setiap instansi baik formal ataupun non formal maka tidak ada salahnya bagi siapapun untuk mengetahui dan memelajarinya terlebih khusus lagi bagi mereka yang masih menyandang seatus pelajar tentu pengetahuan ini akan dapat kalian rasakan manfaatnya jika kalian kelak sudah terjun ke duni pekejaan.
Bagaimana prosesya.......? Simak saja di bawah ini !!!!
Pertama buka icon microsoft excel 2010 di layar dekstop sobat
Jika programnya sudah dapat terbuka maka berikutnya sobat klik Insert lalu pilih SmartArt maka akan terbuka tab berikutnya yaitu : Choose a SmartArt Graphic.
Dalam menu tab Choose a SmartArt Graphic sobat boleh pilih yang mana saja style struktur yang sobat inginkan pada list yang telah di sediakan di dalam kotak tab tersebut.
Jika sobat sudah memilih salah satu style struktur yang tentunya sobat sukai maka tahap berikutnya sobat klik Ok
Pada tahap selanjutnya maka akan terbuka kotak box seperti contoh pada gambar di bawah ini dan untuk memunculkan area penulisan nama-nama ke dalam kotak Text sobat bisa klik tanda panah kecil yang letaknya saya kasih tanda lingkaran merah.
Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar berukut :
Apabila semua kotak nama sudah di isi semuanya maka klik kembali tanda panah yang tadi sobat klik yang mana tujuan agar tab bar tempat menuliskan nama-nama tadi kembali sembunyi pahamkan maksud saya,,,,?
Jika sobat ingin merubah tampilan pada setiap kotak nama yang berbeda-beda maka caranya yaitu sobat klik menu SmartArtTools di atas dan di situ ada Design dan Format.
Di sini sobat bebas memilih mau yang mana dulu menu yang sobat dahulukan Design atau Format toh kedua-duanya sama memiliki maksud dan tujuan untuk memberikan perubahan pada style penampilan.
Untuk melihat berapa banyak jumlah pilihan style Box struktur tersebut sobat bisa klik tanda panah yang ada di menu SmartArtTools > Design >Layouts. Lihat gambar di bawah ini !
Jika style layoutsnya sudah sobat pilih dan tentukan maka tahap berikutnya memberikan epek pada tampilan setiap kotak-kotak dalam struktur dengan cara sobat perhatikan di menu SmartArt Styles di pojok samping sobat klik tanda panahnya untuk melihat dan memilih salah satu styles yang sobat sukai. Lihat contoh gamar di bawah yah !
Langkah berikutnya bila sobat telah selesai memilih dan menentukan salah satu Styles yang tentunya sobat paling sukai, Selanjutnya yaitu memberikan perubahan warna pada struktur yang telah sobat buat tadi dengan memilih menu Change Colors dan untuk melihat pilihan-pilihanya sobat klik saja tanda panah di sampingnya lihat gambar berikut :
Jika sobat sudah merasa bahwa struktur tersebut di anggap cukup bagus dan sempurna maka tentunya sobat menyimpanya atau lansung mencetaknya, Tapi ingat sebelum di simpan atau di cetak saran saya sobat harus menghilangkan garis-garis di belakang struktur yang akan sobat cetak dengan cara letakan kursor tepat di luar area struktur tersebut lalu sambil menekan kanan pada mouse terus tarik dan sesuaika dengan lokasi di mana struktur tersebut berada selanjutnya klik Marge & Center pada menu di atas. Coba perhatikan gambar di bawah ini sobat !
Nah itulah sobat cara membuat struktur organisasi di microsoft excel 2010 mudah bukan....?
Jangan tinggalkan baca juga artikel saya berikutnya tentang cara membuat email baru di gmail
Terimakasih atas kunjunganya dan selamat mencoba !!!