--> Skip to main content

Belajar Cara Membuat Daftar Isi Di Microsoft Word 2010 Bagi Pemula

Dalam artikel kali ini saya akan membahas soal Belajar Cara Membuat Daftar Isi Di Microsoft Word 2010 Bagi Pemula yang mana merupakan kelanjutan dari artikel saya sebelumnya tentang cara membuat bagan di microsoft word 2010 tidak sedikit di antara kita sejauh ini yang masih awam alias belum mengerti bagaimana cara membuatnya terlebih-lebih khusunya bagi para pemula.

Program microsoft offic 2010 yang merupakan pemutakhiran dari program sebelumya yaitu : microsoft office 2003 yang konon dewasa ini sudah mulai di tinggalkan oleh para penikmatnya karena mungkin mereka merasa sudah jenuh atau mungkin lebih tertarik dengan program microsoft office 2010 yang dirasa jauh lebih canggih dan lengkap dalam hal fitur menu-menunya.

Maka tidklah heran jika dewasa ini banyak diantara pengguna Pc atau laptop untuk mencoba menginstal microsoft office 2010 sekalipun yang bajakan, Tentu ini memberikan isarat bahwa animo mereka terhadap microsoft office 2010 terlihat besar.

Baiklah sobat kita lanjut saja menuju pada isi materi dari pokok artikel saya saat ini yaitu :

Pertama seperti biasa kalian buka icon microsoft word 2010 di layar dekstop kalian jika belum memiliki maka kalian harus menginstalnya terlebih dahulu, Dan jika belum paham dan mengerti cara menginstallnya bisa kalian simak di artikel saya cara menginstall microsoft office 2010.

Jika sudah terbuka maka langkah berikutnya yaitu : Buatlah Judul dari daftar isi yang akan sobat buat misal contohnya Cara membuat daftar isi Di Microsoft Word 2010

kemudian di bawahnya ketik juga Daftar Isi

Selanjutnya di bawah daftar isi sobat ketikan sub judul yang merupakan judul dari pokok materi pada isi makalah tersebut, Kalau masih binggung sobat lihat saja pada contoh berikut di bawah ini 

CARA MEMBUAT DAFTAR ISI DI MICROSOFT WORD 2010
 
DAFTAR ISI

LEMBARAN JUDUL
LEMBARAN PENGESAHAN SKRIPSI
LEMBARAN PERSETUJUAN UJIAN
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
BAB  I  :   PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Identipikasi dan Batasan Masalah
Perumusan Masalah
Tujuan dan Manfaat Penelitian
BAB  II :   URAIAN TEORITIS
Definisi Laporan Keuangan
Tujuan dan Manfaat Laporan Keuangan

Jika sobat sudah selesai membubuhkan daftar isi semuanya maka tahap berikutnya memberikan Block pada isi dari daftar isi tersebut lihat contoh pada gambar di bawah ini :

http://belajarofficeword.blogspot.com
 
 Langkah selanjutnya klik menu Home pada bar atas lalu pada menu Paragraph klik kotak kecil jika bingung maka perhatikan gambar berikut :


http://belajarofficeword.blogspot.com
Kemudia jika muncul bar berikutnya maka sobat klik kotak Tabs di pojok bagian bawah lihat gambar berikut 

http://belajarofficeword.blogspot.com
Pada tahap berikutny isikan 2 cm pada kolom kotak di bawah Tabs stop position sementara pada bagian Aligment beri ceklis pada Left kemudian di bagian Leader beri ceklis pada None selanjutnya sobat klik Set dan di akhiri klik Ok jika sobat masih bingung juga coba perhatikan gambar berikut di bawah ini :

http://belajarofficeword.blogspot.com
Menuju langkah berikutnya sobat ulangi kembali klik kotak kecil pada menu Paragrafh yang saya beri tanda lingkaran merah seperti contoh gambar di atas maka akan muncul Tabs perintah yang sama, Di sini sobat kembali mengisi kolom di bawah Tabs stop position dengan ukuran yang berbeda jika tadi 2 cm tapi sekarang 15 cm begitu juga pada kolom Aligment biarkan seperti tadi terus pada kotak Header sobat pilih No 2 jika sudah maka klik Set lalu klik OK dan apabila sobat masih bing juga saran saya coba sobat perhatikan contoh gambar berikut di bawah ini :

http://belajarofficeword/blogspot.com
Sampai di sini artinya sobat telah melakukan setting otomatis selanjutnya sobat kembali ke halaman di mana sobat tadi membuat daftar isi terus letakan kursor tepat di depan ujung kalimat daftar isi yang sobat telah buat sebelumnya. lihat contoh gambar berikut

http://belajarofficeword.blogspot.com
Apabila kursor telah di letakan tepat di ujung kalimat maka sobat jangan lupa Tekan tombol Tab di keyboard Pc atau Laptop sobat.

Nah lakukanlah juga pada setiap kalimat yang akan sobat isi tanda titik-titik dan metodenya sama seperti yang pertama.

Dan inilah jadinya sobat lihat contoh gambar berikut di bawah :

http://belajarofficeword.blogspot.com

Demikianlah tutorial cara membuat daftar isi di microsoft word 2010 untuk pemula dan jangan lupa simak juga artikel saya selanjutnya mengenai Cara membuat bagan di microsoft excel 2010 untuk pemula, Terimakasih atas kunjunganya semoga saja dapat bermanfaat buat sobat sekalian